Tersenyumlah untuk hidupmu!


Bismillahirrahmanirrahiim
"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain". (HR. Ahmad)

Sabtu, 21 Desember 2013

Nyampah ?



Suka gini nih kalau udah merenung diantara keheningan malam. Nyampah? Ngga juga karena saya percaya setiap kata itu punya arti dan makna, apalagi kalimat yang dibentuk menjadi paragraf kemudian menjadi sebuah karya tulis kalau begitu.
Mungkin tulisan ini dikira ngomongin tentang sampah dan lingkungan kali ya, tapi ternyata......
 
Kenapa ya akhir-akhir  ini suka banget nanya, kenapa musti gini? Kenapa sih ini orang2? Biar apa sih itu kaya gitu? Dan terus terus terus nanya. Kira-kira kenapa? (nah loh nanya lagi) Karena kita belum dapet jawabannya! (ya iya lah -_-). Mungkin hal itu kita lakukan karena kita ngga mau mencari terlebih dahulu jawabannya. Malas untuk menganalisis terlebih dahulu. Bahkan untuk mencari fakta otentik saja enggan. Jadi istilahnya kita Cuma mau disuapin mulu. Kita hanya ingin mendapat jawaban dari orang lain, padahal opini orang mungkin belum tentu benar juga. Sebenarnya ngga salah sih kalau kita minta pendapat atau bertanya ke orang-orang, Cuma yaaa jangan keterusan dan keseringan juga. Bisa jadi orang bakal berpikiran bahwa “apaan sih ini orang, nanya mulu ngga tau gue lagi bete apa!” (misalnya sih ini).
 
Ya udah lah ya (kalau kata temen saya bilangnya “yoda”), setiap orang punya cara berpikir masing-masing kan. Apa salahnya mengutarakan pendapat. Eeiiittttss, tapi jangan salah kaprah dulu. Berpendapat itu boleh, tapi ada etikanya loh. Saya ngga tau pasti ada aturannya atau tidak, yang jelas dalam berpendapat kita harus sopan dan diusahakan sekali untuk tidak menyakiti hati orang lain. Dan pastinya jangan asal keluar aja, harus dipikir terlebih dahulu, lebih baik lagi didasari dengan fakta yang ada (hmmm sok bijak kamu rey). Tapi menurut saya ini memang benar. Rasulullah SAW saja ketika berbicara tidak pernah menyinggung perasaan orang lain, sekalipun itu dari kaum kafir Quraisy, Subhanallah..
 
Pelajaran buat diri saya sendiri terutama, dari sekarang kalau mau bertanya segala macam dipikirkan dulu dan berusaha mencari jawabannya sendiri, misal lewat literatur dan buku-buku mungkin. Kalau sudah bingung tidak menemukan jawaban juga baru bertanya.  Untuk masalah pendapat? Mungkin harus lebih banyak belajar tentang hal itu, terutama agar tidak menyakiti hati orang lain.
Yaaaa semua yang ditulis ini hanyalah pendapat yang dilengkapi berbagai fakta yang ada dari tingkah laku orang disekitar.
Semaaangggaaaatt!! J
insyaallah ketika kita selalu mengingat Allah ucapan kita akan diliputi kebaikan didalamnya. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar